Rabu, 23 November 2011

Tugas Humas (proposal observasi)



PROPOSAL OBSERVASI

Peran Active Humas Dalam Peningkatan Perkembangan
SMK Negeri 10 Surabaya



Oleh :
Elfanda ajeng                         (098554008)
Dyah Lolita M.A                     (098554010)
Nur Jadidah                           (098554048)
I Dewa Nyoman                     (098554054)
Dinda Ayu K                          (098554055)


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
PENDIDIKAN EKONOMI
ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011



DAFTAR ISI

Cover…………………………………………………………………i
Daftar Isi……………………………………………………………...ii
Kata Pengantar……………………………………………………...iii
BAB I
Pendahuluan………………………………………………....1
Latar Belakang Masalah……………………………………1
Rumusan Masalah…………………………………………..1
Tujuan Observasi……………………………………………2
Manfaat Observasi………………………………………….2
BAB II
            Hasil Observasi Dan Pembahasan………………………..3
BAB III
            Kesimpulan…………………………………………………..7
Saran…………………………………………………………7
Lampiran I Biodata Narasumber…………………………………...8
Lampiran II Data Pertanyaan Wawancara…………………………9
Jawaban Narasumber………………………………………………10
Lampiran Dokumentasi …………………………………………….11



KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Karuniannya kami dapat menyelesaikan tugas observasi di SMK NEGERI 10 SURABAYA sehingga dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Proposal observasi ini diajukan untuk menyelesaikan salah satu persyaratan untuk memperoleh nilai tugas mata kuliah KEHUMASAN.
Kami menyadari bahwa dalam menyusun proposal observasi ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya proposal observasi ini. Kami berharap semoga proposal observasi ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan bagi pembaca umumnya.

Surabaya, 16 Nopember 2011



  Penulis





BAB I

PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG MASALAH
Pembangunan pendidikan merupakan bagian intern dalam pembangunan nasional, karena pada dasarnya proses pendidikan tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan nasional itu sendiri. Pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah Indonesia diarahkan dan bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan pembangunan sector ekonomi serta pembangunan di sector lain-lainnya yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan berlangsung secara bersamaan.
            Pembangunan di bidang pendidikan merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia yangberkualitas yang secara jelas tercantum dalam tujuan pendidikan nasional.
            Sedangkan dalam pencapaian tujuan pendidikan tersebut haruslah didukung oleh semua pihak dalam menyelenggarakan pendidikan. Terutama dalam kajian kali ini dalam pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK), peran active hubungan masyarakat dalam berkembangnya suatu sekolah sangat diperlukan.
            Sehubungan dengan hal tersebut di atas yang terkait dengan kemajuan dan kualitas pendidikan maka penulis mengatakan observasi yang dilakukan dengan tutjuan ingin mengetahui tentang “ PERAN ACTIVE HUMAS DALAM PENINGKATAN PERKEMBANGAN SMK NEGERI 10 SURABAYA “

1.2 Rumusan Masalah
            Berdasarkan uraian di atas penulis memberikan dalam rumusan masalah sebagai berikut :

1.2.1 bagaimana peran active humas dalam kemajuan dan kualitas pendidikan SMK Negeri 10 Surabaya?
1.2.2 bagaimana jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 10 Surabaya ?

1.3 Tujuan Observasi
      Dari identifikasi rumusan masalah tersebut dapat disimpulkan tujuan dari observasi tersebut antara lain :
1.3.1 untuk menentukan peran aktif humas dalam kemajuan dankualitas pendidikan SMK Negeri 10 Surabaya
1.3.2 untuk menentukan jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 10 Surabaya

1.4 Manfaat Observasi
            Manfaat yang dapat diterima dari observasi tersebut diantaranya :

1.4.1 penulis memperoleh tambahan pemikiran baru berkaitan dengan peran aktif seorang humas
1.4.2 pembaca mengetahui perkembangan kualitas pendidikan di SMK Negeri 10 Surabaya


  

BAB II
HASIL OBSERVASI DAN PEMBAHASAN


Nama sekolah              : SMK Negeri 10 Surabaya
Alamat sekolah           : Jalan keputih Sukolilo
Bagian humas              : Bapak Putut Hermawan

Humas atau hubungan masyarakat itu sendiri memiliki tugas yaitu menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis, melalui gambar (visual) kepada public, supaya public mempunyai pengertian yang benar tentang organisasi atau perusahaan, tujuan, serta kegiatan yang dilakukan. Yang mana humas itu sendiri juga berusaha memberikan citra yang baik bagi organisasi tersebut.
            Balam kajian bahasan observasi kali ini yaitu peran active humas dalam peningkatan perkembangan SMK Negeri 10 Surabaya. SMK Negeri 10 Surabaya merupakan salah satu sekolah dimana jurusan administrasi perkantoran paling banyak dan sangat diminati oleh para peserta didik. Dulu SMK ini bernama SMEA Negeri 3 Surabaya. Sehubung dengan perubahan kebijakan pemerintah berganti nama menjadi SMK Negeri 10 Surabaya.
            Banyak prestasi yang didapat dan berhasil menghantarkan peserta didik ke jenjang perguruan tinggi. Meskipun para siswa lulusan lebih memprioritaskan masuk ke dalam dunia kerja tetapi tidak sedikit yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi favorit, baik melalui jalur PMDK maupun SPMB. Ini tak lepas dari peranan para pendidik dan pembimbing, karena kualifikasi, kompetensi dan profesionalisme yang tidak diragukan lagi. Disamping itu , juga ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan lengkap pemberdayaannya.
            Meskipun sedemikian SMK ini tetap konsisten untuk mewujudkan visi dan misinya melalui program pengembangan yang telah dipaket diantaranya :
Visinya : menjadikan SMK bertaraf internasional untuk menghasilkan tamatan yang berdaya saing global, unggul, beriman, dan bertaqwa. Serta menjalankan misinya yaitu : sertivikasi internasional, memelihara MSS ISO 9001 : 2001, kerja 70% dan wirausaha 30%, terampil bermutu beriman serta bertaqwa, etos kerja tinggi dan bersemangat, nyata dalam prestasi cerdas serta berkepribadian.
            Dalam proses pencapaian peningkatan kualitas pendidikan di SMK Negeri 10 Surabaya juga didukung dengan fasilitas yang disediakan seperti halnya saja, laboratorium bahasa , tempat ini didirikan dengan tujuan siswa-siswi dapat berlatih speaking maupun listening tentang bahasa asing. Lab.komputer , difasilitasi lebih dari 20 lebih computer untuk para siswa dan satu computer untuk pengajar. Dengan tujuan agar para siswa tidak gagap teknologi di era globalisasi. Perpustakaan, tempat ini difasilitasi kumpulan-kumpulan buku pengetahuan, untuk menambah wawasan para siswa. Ruang multimedia, ruangan ini difasilitasi dengan OHP dan computer serta AC agar para siswa dapat menyerap materi lewat multimedia secara langsung di dalam ruangan yang nyaman. Serta pendukung jurusan multimedia yang baru dibuka di SMK Negeri 10 ini. Wifi, didirikan guna menunjang kegiatan belajar-mengajar jika butuh unutk mengakses internet secara Cuma-Cuma. Dengan tujuan para siswa dapat memperoleh informasi yang uptodate dari internet.
            Peranan humas sangat berpengaruh pada pencitraan SMK Negeri 10 Surabaya ini. Dimana humas SMK Negeri 10 Surabya ini berusaha memberikan citra umum yang baik dimana masyarakat sehubungan dengan dapat dilihat dengan prestasi-prestasi yang diperoleh dan dapat ditunjukkan seperti lomba administrasi rangking 20 besar tingkat nasional, 5 tahun yang lalu mengalami perkembangan yang sangat siknifikan yaitu memperoleh juara satu dalam katagori yang sama, lomba administrasi karya ilmiah.
            Dalam peningkatan bobot kualitas para siswa yang baik juga adanya test TOEK dalam mengetahui standar kemampuan berbahasa inggris yang dikuasai oleh siswa. Tiap tahun test ini juga mengalami perkembangan. Semua kegiatan ini dilakukan semata-mata dilakukan sebagai bukti peningkatan kualitas SMK Negeri 10 serta untuk mendapatkan pengakuan citra positif terhadap masyarakat.
            Peran humas dalam memperkenalkan atau mempromosikan SMK Negeri 10 yang baik  dapat dilakukan dengan cara mengadakan seminar-seminar, menunjukkan prestasi-prestasi yang diperoleh, memberikan lulusan yang berpotensi dilapangan khususnya siap menghadapi dunia kerja secara baik, serta setiap tahun perkembangan kelulusan semakin meningkat.


            Link yang berkaitan dengan SMK Negeri 10 surabaya dalam proses magang siswa – siswi SMK Negeri 10 surabaya yakni beberapa adalah :
  1. PT galaxy wisata T & T (Ngagel jaya indak KAV / 18)
  2. PT Matras abadi T & T (Raya mulyosari 76 E)
  3. PT Delta tour (Raya sedate 11 Sidoarjo)
  4. PT ABC vacation tour (Raya kalingan Surabaya)
  5. PT Hakasindo (Simpang Dukuh 36 Surabaya)
  6. PT PAL Indonesia (ujung perak Surabaya)
  7. Perpustakaan penprov jatim (Menur pumpungan,Surabaya
  8. PT Sriwijaya Air (Embong ploso Surabaya)
  9. PT.POS Indonesia(Kebun raja Surabaya)
  10. ITATS (Arif rachman hakim,Surabaya)

Khususnya dalam jurusan Administrasi Perkantoran itu sendiri bekerjasama
dengan 2 perusahaan yakni :
  1. Kantor Dispora (Kayon 56 Surabaya)
  2. Kantor DISPENDUK/CAPIL (Manyar Kertoajo Surabaya)
            Selain itu humas biasanya memberitahukan melalui pemberitahuan majalah ( surat kabar) menyampaikan keberhasilan yang berkaitan dengan SMK Negeri 10 Surabaya. atau dengan penyuluhan – penyuluhan rapat dengan orang tua pada waktu pengambilan raport.
            Peranan yang lebih mengkhususkan terhadap SMK Negeri 10 Surabaya sendiri yaitu menyalurkan PSG, menyalurkan lulusan ketempat kerja, membantu mengadakan pendekatan dengan orang tu aatau wali murid, berusaha slalu menjalin kerja sama dengan alumni serta mempromiosikan secara global sekolah ke pihak luar.
            Dalam menjalankan semua perannya humas memiliki program kerja tersendiri. Humas dalam SMK Negeri 10 merupakan suatu lembaga. Diantara program kerja tersebut diantaranya optimalisasi peningkatan kerja sama dengan DU/DI, penelusuran lulusandan penyaluran tamatan, menjalin kerjasam dengan alumni, jadwal siswa di OJT DU/DI, optimalisasi iklim kerja sekolah, analisis evaluasi program kerja humas tahun sebelumnya.
            Adanya kerjasama pihak humas dengan orang tua dapat dilakukanjuga dengan cara memperkenalkan pihak-pihak yang terkait yaitu industri atau dinas yang bersangkutan.
            Dalam penangganan pembneritaan yang negathif terhadap SMK Negeri 10 Surabaya humas sangat menunjang demi kembalinya citra baik SMK Negeri 10 Surabaya. contohnya yang perna  terjadi , kasus siswa di internet dan pencurian di tempat PSG. Pihak humas segera mengklarifikasi dan meredam berita negative tersebut dan mencari solusi pemecahannya.
            Kasus siswa yang di internet , tindakan atau kebijakan yang dilakukan pihak humas yaitu dengan memanggil orang tua siswa yang bersangkutan kemudian memberikan arahan tentang tindakan yang telah dilakukan oleh anak mereka. Kemudian sekolah masih memberikan toleransi dan dispensasi terhadap siswa tersebut. Dimana siswa itu tetap melanjutkan sekolah tetapi orang tua sudah malu dan memutuskan untuk tidak meneruskan ke SMK Negeri 10 Surabaya. kebijakan selanjutnya yang dilakukan adalah humas memperbaiki citra posithif kepada masyarakat bahwa itu hanya sebagian kecil dari nilai negathif SMK Negeri 10 Surabaya dibandingkan dengan citra  posithif dan prestasi yang dimiliki SMK Negeri 10 Surabaya.
            Kasus siswa selanjutnya adalah pencurian yang tejadi pada saat PSG di supermarket / swalayan yang bekerja sama dengan sekolah sewaktu siswa gelap mata dan mencuri lalu diketahui oleh pihak toko, tindakan pertama yang di ambil humas meminta maaf kepada pihak toko lalu mengganti siswa yang baru . dan memproses siswa yang mencuri agak tidak mengulangi / memberikan sangsi nilai atau peringatan kepada siswa.

            Dari semua berita negative ini tidak ada dampak negative yang dialami karena sekolah segera mengklarifikasi dengan cepat dan jalan keluar yang strategis.





Bab III
PENUTUP


A.          Kesimpulan
Upaya yang dilakukan bagian humas dalam memberikan citra positif bagi SMK Negeri Surabaya sangat menunjang berkembangnya kualitas pendidikan di SMK yang bersangkutan. Dengan pembentukan program kerja yang dilakukan oleh pihak humas maka perkembangan kualitas serta mutu pendidikan yang baik terencana rapi sesuai yang telah dijadwalkan.
Jurusan administrasi perkantoran di dalam SMK Negeri 10 Surabaya ini sendiri juga lebih menonjol dan lebih banyak peminatnya dibandingkan jurusan lainnya. Ini dikarenakan prestasi-prestasi yang didapatkan oleh para siswa-siswi SMK Negeri 10 Surabaya itu sendiri dari tahun ke tahun yang semakin meningkat.
Dari hasil-hasil pernyataan yang ada, peran active humas SMK Negeri 10 sangat berpengaruh besar terhadak kemajuan SMK Negeri 10 Surabaya.

  1. Saran
Meningkatkan standart mutu kualitas pendidikan SMK Negeri 10 Surabaya,Memperbaiki dan menambah fasilitas SMK Negeri 10 Surabaya untuk mendukung pembelajaran,Mengadakan Pentas seni setiap tahun di SMK Negeri 10 Surabaya.
     


Lampiran
Lampiran I Biodata Narasumber

DATA WAWANCARA
PENELITIAN
“PERANAN HUMAS DI SMK NEGERI 10 SURABAYA


Sumber
Nama Lengkap                        : Putut Hermawan
Nama Panggilan                      : Putut
Tempat / Tanggal Lahir           :Surabaya, 7 April 1966
Umur                                       : 45 tahun
Alamat                                    : perum kepuh permai blok J/11
No. Telp/HP                            : 081330276300
Pekerjaan                                 : humas smk negeri 10 surabaya
Jabatan                                    : humas
Lama Bekerja                          : 3 tahun
Job Dis Pekerjaan                    : guru pengajar di sekolah swasta



Lampiran
Lampiran II Data Pertanyaan Wawancara

DATA WAWANCARA
PENELITIAN
“PERANAN HUMAS DI SMK NEGERI 10 SURABAYA


PERTANYAAN
1.      Bagaimana cara kerja bagian HUMAS di SMK Negeri 10 Surabaya ?
2.      Adakah hambatan / kendala dalam menjalankan kinerja HUMAS tersebut ?
3.      Apakah HUMAS di SMK Negeri 10 Surabaya memiliki link kerjasama dengan pihak lain ? Kalau iya, dimana saja ?
4.      Apakah peran penting bagian HUMAS di SMK Negeri 10 Surabaya ? Bagaimana peran penting tersebut ?
5.      Apakah pengertian berita negative menurut HUMAS ?
6.      Dampak apakah yang ditimbulkan dalam pemberitaan negative ?
7.      Bagaimana upaya yang dilakukan bagian HUMAS dalam pemberitaan negative yang ada di SMK Negeri 10 Surabaya ?
8.      Apakah upaya yang dilakukan sudah efektif ?
9.      Apakah ada evaluasi dan pertanggungjawaban yang dikerjakan oleh HUMAS dalam mengcover pemberitaan negative tersebut ?
10.  Bagaimana cara bagian HUMAS dapat memberikan pencitraan positif bagi sekolah di mata masyarakat ?
11.  Pada siapakah pertanggungjawaban HUMAS dalam melakukan fungsi dan perannya sebagai HUMAS ?
12.  Apakah Visi dan Misi HUMAS itu sendiri di SMK Negeri 10 Surabaya ?
13.  Bagaimana cara alternative yang baik untuk pengembangan Jurusan Adper yang ada di SMK Negeri 10 Surabaya ?
14.  Pada bidang Adper SMK Negeri 10 Surabaya apakah mengalami progress (kemajuan prestasi) yang cukup berkembang dari tahun ketahun ?


Bottom of Form

JAWABAN NARASUMBER

1. Sesuai dengan TU poksi Humas

2. Tidak ada.

3. Yang ada yaitu hubungannya dengan sekolah RSBI yang harus sesuai dengan system standart sekolah dengan luar negeri.MOU dengan luar negeri belum atau sulit ditindak lanjuti.

4. Ada kerjasama dengan pihak lain yaitu ditandai dengan MOU , industri yang berhubungan dengan PSG dan penyaluran tenaga kerja, penyuluhan-penyuluhan diantaranya dengan instansi pemerintahan ,wartawan serta alumni .

5. Peran humas diantaranya menyalurkan PSG , Penyaluran kelulusan ditempat kerja , membantu mengadakan pendekatan dengan orang tua , menjalin kerjasama dengan alumni dan mempromosikan sekolah kepihak luar.

6. Berita negative yang efeknya kesekolah tidak baik dimasa yang akan dating

7. Selama ini tidak ada dampak negative yang dialami karena sekolah segera mengklarifikasi
Contoh : Kasus siswa di internet serta pencurian di tempat PSG

8. Segera mengklarifikasi dan meredam berita negative tersebut dan mencari solusi pemecahnya

9. Sudah.

10.Ada,yaitu mempertemukan orang tua dan pihak-pihak yang terkait diantaranya industri dan dinas terkait

11.Dengan :
1.      Pemberitaan dimajalah.surat kabar,penyampaian keberhasilan SMK Negeri 10 Surabaya   
2.      Penyuluhan-penyuluhan atau rapat dengan orang tua pada saat pengambilan rapor
3.       
12.Pertanggung jawaban kepada kepala sekolah

13.Tidak ada visi dan misi humas yang ada visi dan misi sekolah secara umum
Dengan cara :
1.      Bekerjasama dengan isi
2.      Sebagai tempat uji kompetensi
3.      Mengirimkan SDM keworkshop , penataran , seminar , dll

14.Ada yaitu
  1. TOEK setiap tahun perkembangannya naik atau meningkat
  2. Hasil nilai NAS meningkat


LAMPIRAN DOKUMENTASI

Dokumentasi SMK Negeri 10 Surabaya

(Halaman SMK Negeri 10 Surabaya sebagai lambang)
           
Ulasan : halaman SMK Negeri 10 Surabaya sebenarnya cukup luas, hanya saja tanaman – tanaman dan tumbuhan disekitar halaman kuran dirawat sehingga kesannya halaman tersebut terlihat gersang.  Sebaiknya pihak sekolah lebih memperhatikan masalah kecil tersebut agar lambang di SMK Negeri 10 Surabaya di atas dapat benar – benar diterapkan.
(Kami bersama Bapak Putu Hermawan bagian Humas SMK Negeri 10 )

Ulasan : terima kasih bapak Putu Hermawan atas keramahan dan kebaikkannya yang sudah menyempatkan waktunya untuk kami wawancara, sehingga tugas observasi kami dapat rampung dengan tepat waktu.






(Ruangan Lab IT Administrasi Perkantoran )

Ulasan : ruang Lab IT adper SMK Negeri 10 Surabaya yang memiliki sarana dan fasilitas yang memadai bagi para siswa namun sebaiknya 1 komputer digunakan untuk 1 orang siswa agar proses belajar mengajar dapat lebih efektif di Lab.







(Proses KBM siswa administrasi perkantoran , keterangan : 1 komputer 2 siswa)
           
Ulasan : merupakan system KBM siswa adper yang dijalankan 1komputer untuk 2 orang siswa sehingga kurang efektif untuk kemandirian siswa, secara IT perangkat computer Lab adper keadaannya cukup baik dan layak digunakan.










(Tempat Istirahat siswa sambil menunggu jam pelajaran masuk / sekedar mengobrol)

Ulasan : merupakan tempat duduk di halaman sekolah yang berfungsi untuk tempat mengobrol atau menunggu jam pelajaran masuk namun tempatnya kurang teduh , kurang adanya pepohonan sehingga terkesan gersang dan panas.

(Mushola tempat siswa – siswi dapat menjalankan ibadah)

Ulasan : mushola SMK Negeri 10 Surabaya cukup luas dan besar sehingga dapat menampung cukup banyak warga sekolah, namun para siswa terkadang salah menggunakan sarana beribadah tersebut kurang baik, misalnya dipakai untuk tiduran dan sebagainya.
(Tempat Kantin SMK Negeri10 Surabaya)

Ulasan : kantin SMK Negeri 10 Surabaya hamper tidak layak untuk digunakan sebagai sarana makan dan minum karena tempatnya yang sangat kecil, panas, kurang bersih sehingga kurang membuat warga sekolah merasa nyaman dan betah dikantin.
(Ruang Koprasi SMK Negeri 10 Surabaya)

Ulasan : koperasi di SMK Negeri 10 Surabaya berjalan sangat baik karena dapat melayani kebutuhan siswa di sekolah.





(Event coca-cola yang berlangsung di SMK Negeri 10 saat kami kunjungan)

Ulasan : adanya event di SMK Negeri 10 Surabaya mampu mengajak untuk ikut serta berpartisipasi dan aktif dalam kegiatan sekolah.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar